Sistem Pemerintahan Islam ( 1 )

SISTEM PEMERINTAHAN ISLAM
MENURUT ALQUR’AN DAN ASSUNNAH
Bagian I

Islam adalah sistem, aturan hidup dan kehidupan yang benar (dinul haq). Islam mengatur seluluh kehidupan manusia. Islam pun membawa hukum-hukum tentang aqidah dan ibadah agar manusia membawa hukum-hukum tentang makan, minum, pakaian dan akhlaq agar manusia tertib dalam mengkonsumsi makanan tubuhnya, dan tertib pula dalam menyempurnakan penampilannya dengan sifat-sifat terpuji dan mulia (akhlakul karimah).

Dalam mengatur hubungan pribadi manusia dengan pribadi-pribadi yang lain , Islam membawa hukum-hukum tentang mu’amalat dan uqubat agar manusia tertib dalam melakukan interaksi sesama manusia dalam bidang ekonomi maupun sosial, saling ridlo dan tidak menzhalimi satu sama lain.

Oleh karenanya, pantaslah bahwa Allahg SWT menyebut kesempurnaan agama ini sebagai nikmat yang dikaruniakan oleh-Nya.

Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kalian sestem (aturan hidup) kalian dan telah Kucukupkan kepada kalian ni’mat Ku, dan telah Kuridhai Islam itu jadi aturan hidup kalian” (QS. Al-Maidah:3)

Juga Allah SAWT menyebut risalah pandangan hidup dan hukum yang dibawa oleh Rasulullah sa, sebagai rahmat-Nya untuk sekalian alam

Dan tidaklah Kami mengutus kaamu (Muhammad) untuk (menjadi) rahmat (kasih sayang) bagi semesta alam” (QS . al-Anbiya: 107)

Dan alQur’an sebagai obat penawar bagi berbagai penyakit yang muncul dalam kehidupan makhluk manusia. Baik dalam kesendiriannya maupun dalam interaksinya dengan sesama. Juga secara khusus disebut  sebagai rahmat bagi orang-orang yang membenarkannya atau mengimaninya. Allah SWT berfirman:

Dan Kami turunkan dari (isi kandungan) alQur’an sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman” (QS. Al-Isra: 82)
Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Anda boleh berkomentar sesuai dengan tema artikel di atas. Lain dari itu, komentar Anda tidak akan dipublikasikan. Terimakasih.

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel