PP Muhammadiyah Apresiasi Jokowi Perpanjang Libur Idul Adha

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. [Foto: Istimewa]  

JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memperpanjang libur Idul Adha 2023 dari semula hanya sehari pada 29 Juni, menjadi tiga hari, yakni 28 sampai 30 Juni.

"PP Muhammadiyah menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah mengumumkan hari libur tiga hari dalam konteks Iduladha pada 28, 29, dan 30 (Juni)," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir seusai peresmian SM Tower and Convention, Yogyakarta, dikutip dari Antara, Sabtu 24 Juni.

Menurut Haedar, kebijakan Presiden Jokowi tersebut bermakna bahwa perbedaan justru diwadahi, dan diapresiasi oleh negara.

"Sehingga tidak perlu lagi mempertentangkan yang (libur) tanggal 28 atau 29 apalagi sampai jadi masalah," ujar dia.

Selain memberikan kelonggaran hari libur, kata dia, pemerintah juga memperbolehkan fasilitas publik untuk kegiatan perayaan Idul Adha yang berbeda.

Menurut dia, bukan hanya Muhammadiyah yang merayakan Iduladha pada 28 Juni, akan tetapi banyak komponen umat Islam lain yang merayakan pada tanggal yang sama.

BACA: Pemerintah Tetapkan Idul-Adha Jatuh pada Kamis 29 Juni 2023

Meski demikian, Haedar mengimbau kepada seluruh warga Muhammadiyah serta masyarakat secara umum untuk meningkatkan toleransi dengan saling menghormati perbedaan yang ada.

"Kita harus saling toleransi. Ada imbauan dari Muhammadiyah bagi warga masyarakat yang memang komunitas-nya di situ banyak yang tanggal 28 agar menyembelih dengan baik tidak ada masalah, tapi kita hormati yang menyembelih hari besoknya atau besoknya lagi, sampai hari tasyrik," kata dia.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo pada Kamis 22 Juni menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 16 Tahun 2023 tentang Perubahan Kedua atas Keppres No. 24 Tahun 2022 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2023.

Keppres 16/2023 tersebut dikeluarkan sebagai tindak lanjut atas Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang menetapkan tanggal 28 dan 30 Juni 2023 sebagai cuti bersama Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi.

BACA Juga: Shaum Arafah 9 Zulhijah 1444 Jatuh pada Selasa 27 Juni 2023, Begini Keutamaannya!

Sumber: © SUKABUMINEWS

Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Anda boleh berkomentar sesuai dengan tema artikel di atas. Lain dari itu, komentar Anda tidak akan dipublikasikan. Terimakasih.

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel