Monday, December 25, 2017

Pengertian Hidayah

Kata Hidayah dalam bahasa Arab diambil dari akar kata yang terdiri dari huruf “Ha, Dal,Ya dan di akhiri oleh huruf “Ta marbuthoh, yang artinya adalah petunjuk jalan. Sementara pada kalimat ٱهۡدِنَا (ihdina) yang tertera dalam Sulat Al-Fatihah, terambil dari akar kata yang terdiri dari huruf-huruf “Ha, Dal, dan Ya” yang maknanya berkisar pada dua hal:

1. Tampil ke depan memberi petunjuk.

2. Menyampaikan dengan lemah lembut.

Dari sinilah lahir kata hadiah yang merupakan penyampaian sesuatu dengan lemah lembut guna menunjukkan simpati.

Hadiah, bisa saja diberikan oleh siapa pun dan kepada siapa pun, namun hidayah hanya bisa diberikan oleh Allah kepada orang yang mau berusaha untuk mendapatinya dengan cara berdo’a yang diikuti dengan berbuat kebajikan.

Macam-macam cara Allah memberikan hidayah (petunjuk) kepada makhluk-Nya sesuai dengan peranan yang diharapkan oleh makhluk itu sendiri. Contohnya, seperti yang di firmankan Allah melalui perkataan Nabi Musa As pada ayat:

 قَالَ رَبُّنَا ٱلَّذِىٓ أَعۡطَىٰ كُلَّ شَىۡءٍ خَلۡقَهُ ۥ ثُمَّ هَدَىٰ

Musa berkata: "Tuhan kami ialah [Tuhan] yang telah memberikan kepada tiap-tiap sesuatu bentuk kejadiannya, kemudian memberinya petunjuk."(Q.S. Thaha: 50).

 سَبِّحِ ٱسۡمَ رَبِّكَ ٱلۡأَعۡلَى (١) ٱلَّذِى خَلَقَ فَسَوَّىٰ (٢) وَٱلَّذِى قَدَّرَ فَهَدَىٰ (٣)

Sucikanlah nama Tuhan (Pencipta, Pembimbing mu Yang Maha Tinggi, (1) yang telah menciptakan dan menyempurnakan [penciptaan-Nya], (2) dan yang menentukan kadar [masing-masing] lalu diberinya petunjuk, (3) )(Q.S. Al-A'la: 1-3).

Para ulama membagi petunjuk agama kepada dua macam, yaitu:

1. Petunjuk menuju kebahagiaan dunia dan ukhrawi. Kata "hidayah" di sini pelakunya adalah manusia. (lihat Q.S.42:52; Q.S. 41:17), atau klik Al-Qur'anOnline

2. Petunjuk serta kemampuan untuk melakanakan isi petunjuk. Ini tidak dapat dilakukan kecuali oleh Allah swt. Lihat Q.S. 28:56. [1].

Sedangkan makna Hidayah menurut Ibnu Katsir berarti taufik, petunjuk, dan atau bimbingan yang terkait dan ada hubungannya dengan Agama, yakni Ajaran Islam.

Diluar dari itu, maka bukan dan tidak bisa dikatakan HIDAYAH.

SHARE..! Semog Bermanfaat.. 
close

Ikuti Kami

Terkini

Petunjuk Singkat Cara Memandikan Mayit

TERTIB PRAKTIK MEMANDIKAN MAYIT Oleh: #ustManatahan Mempersiapkan Alat/Bahan Yang Diperlukan Seperti: (Orang yang memandikan ...

Khazanah Islam

Total Pageviews