Friday, April 29, 2016

10 Hal Ini Dapat Membuat Rizki Menghampiri Kita

Seluruh manusia yang ada di muka bumi ini tentunya tidak lepas dari keinginan untuk mendapatkan rizki (dunia) dari Allah SWT. Namun bagi orang yang beriman, tentunya keinginan tersebut hanya sebagai pendorong agar dirinya nyamam dalam beribadah mendekatkan diri pada-NYA.

Beberapa sikap dibawah ini insya-Allah akan menjadi pemicu untuk mendapatkan rizki yang halal, yakni:

1. Taqwa
“Barangsiapa yang bertaqwa pada Allah pasti Dia akan memberikan jalan keluar baginya. Dan memberikannya rejeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya, ” (QS ath-Thalaq : 2-3).

2. Tawakal
Nabi s. a. w. bersabda : “Seandainya anda bertawakal pada Allah dengan sebenar-benarnya tawakal, nescaya anda di beri rejeki sama dengan burung di beri rejeki, pagi hari ia lapar dan petang hari telah kenyang. ” (Kisah Ahmad, at-Tirmizi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, al-Hakim dari Umar bin al-Khattab r. a.)

3. Shalat (do'a)
Firman Allah dalam hadis qudsi : “Wahai anak Adam, janganlah sekali-kali engkau malas kerjakan empat rakaat pada saat permulaan siang (solat Dhuha), nantinya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada petang harinya. " (Riwayat al-Hakim dan Thabrani)

4. Istighfar
"Mohonlah ampun pada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, dan niscaya Dia akan mengirim-kan hujan padamu dengan lebat, dan mencukupkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (juga di dalamnya) untukmu sungai-sungai " (QS Nuh : 10-12).

“Barangsiapa banyak istighfar (mohon ampun pada Allah), pasti Allah jadikan untuk tiap-tiap kekecewaannya jalan keluar dan untuk tiap-tiap kesempitannya kelapangan, dan Allah akan memberinya rejeki (yang halal) dari arah yang tidak ada disangka-sangka, ” (HR Ahmad, Abu Dawud, an-Nasa’i, Ibnu Majah serta al-Hakim).

5. Silaturahmi
Imam Bukhari meriwayatkan kalau Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang bahagia untuk dilapangkan rejekinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umur), hendaknya ia menyambung (tali) silaturahim.”

6. Sedekah
Sabda Nabi s. a. w. : “Tidaklah kamu di beri pertolongan dan diberi rejeki melainkan kerena orang-orang lemah diantara kamu. ” (Kisah Bukhari)

7. Berbuat Kebaikan
" Barangsiapa yang datang dengan (membawa) kebaikan, adalah baginya (pahala) yang tambah baik dari pada kebaikannya itu ; dan barangsiapa yang datang dengan (membawa) kejahatan, tidaklah ia diberi pembalasan pada beberapa orang yang telah kerjakan kejahatan itu, tetapi (seimbang) dengan apa yang prrnah mereka lakukan. " (QS Alqashash : 84)

Nabi bersabda : Sebenarnya Allah tidak akan zalim pada hambanya yang berbuat kebaikan. Dia akan dibalas dengan diberi rejeki didunia dan akan dibalas dengan pahala di akhirat. (HR. Ahmad)

8. Berdagang
Serta Nabi SAW bersabda : “Berniagalah, sebab sembilan dari sepuluh pintu rejeki itu ada pada perniagaan” (Kisah Ahmad)

9. Bangun Pagi
Fatimah (putri Rasulullah) menyampaikan kalau waktu Rasulullah Saw, melihatnya tetaplah terlentang ditempat tidurnya pada pagi hari, lalu beliau berkata padanya, " Putriku, bangunlah dan saksikanlah keterjangkauan hati Tuhanmu, dan jangan sampai jadi semacam kebanyakan orang. Allah memberi rejeki sehari-harinya pada saat mulainya subuh sampai terbitnya matahari. (H. R. Al-Baihaqi).

Aisyah juga meceritakan satu hadits yang nyaris sama maknanya, yang mana Rasulullah Saw, bersabda, " Bangunlah pagi-pagi untuk mencari rejekimu dan melakukan tugasmu, sebab hal itu mengangkat berkat dan keberhasilan. (H. R. At-Tabarani)

10. Bersyukur
“Sesungguhnya jika anda bersukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) padamu, dan jika anda mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku begitu pedih”. (QS Ibrahim : 7)

Silakan Share..! Semoga bermanfaat bagi ummat.

Disadur dari berbagai sumber oleh: Kang Malik (#ustManatahan)
close

Ikuti Kami

Terkini

Rasulullah Saw Tidak Mengakui Umatnya yang Berkawan dengan Penguasa Zalim

Saya heran mengapa hadits ini jarang dibahas, atau hampir-hampir tak terdengar. Ataukah mungkin kita yang lalai? Rasulullah ﷺ bersabda; ...

Khazanah Islam

Total Pageviews